Wednesday, 24 April 2019
redaksi@karodaily.com
Kuta KitaPublic Service Care

1,6 M Dana TMMD 2018 di Karo

KaroDaily,MEDAN-Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan TMMD ke-101 TA 2018 di Wilayah Kodam I/BB dilaksanakan di Ruang Rapat Manunggal Lt V Makodam I/BB, Medan, Senin (19/03/2018).

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara selaku Dansatgas TMMD ke 101 di Kabupaten.Karo, Ketua DPRD Karo diwakili Thomas Joverson Ginting, Kepala Bappeda Nasib Sianturi MSi, Kepala DPMD Abel Tarwai Tarigan, Kadis Pendidikan Edi Surianta Surbakti, Pasi Ter Dim 0205/TK Kapten Inf Krista Ginting.

Sebagaimana dilansir Harian Andalas.com, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal selaku Dansatgas TMMD ke-101 di Kabupaten Karo memaparkan, pelaksanaan TMMD merupakan program terpadu TNI dalam dalam upaya membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah-daerah tertinggal, terisolasi, daerah pinggiran dan terbelakang.

“TMMD sebagai salah satu wujud Operasi Bakti TNI yang sinergis, terintegrasi dan sangat terorganisir, memiliki maksud, tujuan dan manfaatnya yang jelas, baik bagi kepentingan TNI, masyarakat maupun pemerintah daerah,” ungkapnya.

Bupati Terkelin Brahmana menyebutkan secara jujur kita patut apresiasi kepada jajaran TNI karena berkat program TMMD, satu per satu pedesaan yang jauh dari jangkauan ibukota kabupaten sudah merasakan manfaat yang diwujudkan berupa pembangunan infra struktur, sarana, dan prasarana yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat, seperti pembangunan jalan pedesaan, rehabilitasi sekolah dan tempat ibadah, pembangunan jembatan, pembuatan gorong gorong, dan pemasangan bronjong.

Demikian halnya sasaran nonfisik meliputi penyuluhan kesehatan, bahaya narkoba dan penyuluhan tentang pentingnya upaya bela negara.

“Program TMMD merupakan salah satu langkah realistis dalam rangka mempercepat pembangunan untuk membantu pemerintah daerah demi menyukseskan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ketika disinggung tujuan paparan tersebut, Bupati Terkelin Brahmana mengutarakan kesiapan TMMD dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang rencana kegiatan dan kondisi riil daerah yang akan menjadi sasaran TMMD ke 101 di Kabupaten Karo sehingga pada pelaksanaannya dapat mencapai hasil optimal dan manfaatnya dapat langsung dirasakan masyarakat luas.

“Anggarannya sudah ditampung di APBD Karo 2018 sebesar Rp1,6 miliar,” ujarnya.

Ketua DPRD Karo melalui Thomas Joverson Ginting menambahkan, posisi rakyat, yang paling dirasakan manfaat program TMMD ini adalah mengangkat keterpurukan warga untuk segera bangkit dan maju, karena persoalan minimnya sarana dan prasarana terkadang menjadi sebab kemajuan menjadi lamban, dengan adanya TMMD yang lebih dikonsentrasikan kepada daerah terbelakang dan terpelosok. Artinya, DPRD Karo siap mendukung demi suksesnya program TMMD.

Sementara Kepala Bappeda Nasib Sianturi M,Si, mengungkapkan rencana sasaran fisik yang akan dikerjakan dalam TMMD ke 101 di Kabupaten Karo di desa Serdang dan Desa Pertumbuken Kecamataan Barus Jahe dengan dana APBD Karo 1.6 M.

“Sasaran fisik pembukaan jalan dengan lebar 12 m sepanjang 3.5 km, pembuatan gorong-gorong 4 titik, bronjong 80 m dan rehab jembatan 3 m x 12 m sebanyak 1 unit,” jelas Sianturi. (karodaily/harianandalas.com/rta)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.