Saturday, 19 January 2019
redaksi@karodaily.com
Sinabung SR

Aktivitas Stabil, Muspida Karo Pastikan Kosongkan Zona Merah Sinabung

KaroDaily,SIMPANG EMPAT– Mendapat “rentetan” erupsi GA Sinabung, Rabu (02/08/2017), Satgas Tanggap Darurat GA Sinabung dan Muspida Karo gelar tindakan awal guna memblokade adanya korban jiwa. Langkah ini dilakukan mengingat daya luncur awan panas Sinabung mencapai 4,5 KM.

Upaya tangkal yang pertama dilakukan Dandim 0205/TK, Letkol Inf Agustatius Sitepu, S.Sos, M.Si dan jajaran bersama para Relawan Lingkar Sinabung. Aksi pertama adalah memastikan tidak ada warga yang berada di zona merah GA Sinabung. Usaha itu gencar dilakukan dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Kemudian, setelah itu, pihak TNI juga menempatkan personil berjaga di pintu masuk ke zona merah Sinabung. Hal ini penting dilakukan agar tidak menjadi pemicu warga lain untuk memasuki kawasan bahaya tadi.

Bupati Karo dan Kapolres Tanah melakukan sejumlah langkah advokasi warga terdampak GA Sinabung di Kecamatan Simpang Empat.(karodaily/ist/fb/trims).

Sementara, Bupayi Karo, Terkelin Berahmana didampingi Camat Simpang Empat, Hendrik Tarigan dan Kapolres Tanah Karo, AKBP Rio Nababan memilih mengadvokasi warga yang terdampak besar abu Sinabung di wilayah Kecamatan Simpang Empat. Disana, petinggi di Karo ini membagi – bagikan masker kepada warga yang melintas.

Selain itu, pihak Pemkab Karo juga menurunkan kenderaan pemadam kebakaran (Damkar) untuk menyiram debu Sinabung yang melekat di fasilitas umum seperti sekolah, jalan raya, termasuk di Kabanjahe. (karodaily/nanang).

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.