Thursday, 21 February 2019
redaksi@karodaily.com
Kuta Kita

Antisipasi Isu Penculikan Anak, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Berkoordinasi

KARODAILY.com, SIMPANG EMPAT – Belakangan ini masyarakat dihebohkan kabar penculikan anak di sejumlah tempat. Kabar ini sudah merebak hingga sebagian besar wilayah Republik Indonesia.

Sontak saja hal ini menimbulkan keresahan ditengah-tengah masyarakat, khususnya orang tua yang memiliki anak-anak dibawah umur.

Untuk itu, Camat Simpang Empat Hendrik Tarigan, AP, M.Si mengajak Kapolsek, Danramil, Kepala UPT Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah SD, serta kepala desa se-Kecamatan Simpang Empat duduk bersama di Aula Kantor Camat Simpang Empat, Rabu (29/03/2017).

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan koordinasi dalam mengantisipasi isu penculikan anak agar tidak menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Kecamatan Simpang Empat.

“Terlepas isu ini benar atau tidak, kalau sudah sepantasnya seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjaga keamanan anak-anak kita sesuai dengan forsi masing-masing,” ujarnya.

Hendrik juga meminta guru-guru aktif mengawasi gerak gerik orang asing yang mendekati sekolah. Kemudian, para pendidik juga memberikan edukasi kepada anak didik agar mereka tidak mau diajak atau ditawarin sesuatu oleh orang yang tidak dikenal.

“Dan sebisanya mencegah anak-anak keluar areal sekolah pada jam-jam sekolah,” katanya.

Kepada kepala desa, Hendrik meminta agar meningkatkan siskamling dan patroli desa untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Selain itu, penerapan wajib lapor orang-orang baru yang masuk ke desa untuk diperketat.

“Ingat jangan langsung main hakim bila ada orang yang diisukan sebagai pelaku penculikan,” pungkasnya. (kd/ds)

EDITOR: ABDULLAH LATHIF MANJORANG

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.