Sunday, 19 May 2019
redaksi@karodaily.com
Kuta Kita

Bulan Julu Gelar Musrembang Desa

KARODAILY, BARUSJAHE – Desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Hal ini sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa,” ujar Camat Barusjahe, Drs. Kalsium Sitepu mengawali sambutannya di hadapan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh kesehatan, PKK, Karang Taruna serta masyarakat desa pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Desa Bulanjulu di Losd Desa Bulanjulu, Senin (23/01/2017).

Kalsium menambahkan, sebagai konsekuensinya, desa menyusun perencanaan pembangunan sesuai dengan kewenangannya mengacu kepada perencanaan pembangunan kabupaten dalam suatu musyawarah perencanaan pembangunan. Ini berguna untuk memetakan prioritas, program, kegiatan dan kebutuhan pembangunan desa yang dibiayai anggaran pndapatan dan belanja desa.

“Selanjutnnya dalam pembangunan desa nantinya akan dilaksanakan oleh pemerintah desa dan masyarakat desa dengan semangat gotong royong serta memanfaatkan kearifan lokal dan sumber daya alam desa,” katanya.

Menanggapi ini, Kepala Desa Bulanjulu, Benni Ginting mengajak warganya untuk ikut mengambil bagian dalam musrembang tersebu. Ia menjelaskan, kalau haslil musyawarah tersebut nantinya akan dituangkan dalam RPJMDesa.

“RPJMDesa ini yang menjadi rel bagi saya dalam melaksanakan tugas saya selama enam tahun ke depan. Masyarakat akan lebih mudah melakukan pengawasan terhadap kinerja saya bila kita sama-sama menyusun RPJMdDesa ini,” pungkas Benni seraya meminta Ketua BPD Ruben Ginting beserta anggotanya berbaur ke dalam kelompok masyarakat yang telah disusun guna menampung aspirasi masyarakat dan menyerahkannya kepada kepala desa usai hasil musyawarah diplenokan. (kd/rel/daut)

EDITOR: ABDULLAH LATHIF MANJORANG

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.