KARODAILY.com

Bupati Karo Ingatkan BPD agar Tetap Serap Aspirasi Masyarakat

    Kategori: Karo Raya, Kuta Kita
  • Kamis, 5 April 2018 | 10:57
  • / 19 Rajab 1439
  • Dibaca : 95 kali
Bupati Karo Ingatkan BPD agar Tetap Serap Aspirasi Masyarakat
Bupati Karo saat membuka pelatihan BPD di Aula Kantor Bupati Karo.(karodaily/ist).

KaroDaily,KABANJAHE-Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH di dampingi Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang membuka Pelatihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Aula Kantor Bupati Karo, Selasa (03/04/2018). Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari (3-4 April 2018).

Dalam prakteknya, pelatihan terbagi dalam 2 angkatan dengan tujuan guna meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan BPD dalam melaksanakan tugas dan fungsinya agar lebih berdayaguna dan berhasilguna, serta lebih memahami kebijakan dan penyelenggaraan pemerintahan desa, memahami dasar pembangunan desa dan lebih trampil dalam menyusun rencana kegiatan selanjutnya.

Pada sambutannya, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH menjelaskan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai bagian dari pemerintahan desa merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang berasal dari keterwakilan wilayah, kelompok masyarakat, suku, agama serta golongan profesi.

Darisana kemudian himpunan ini juga turut membahas dan menyepakati berbagai kebijakan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dalam upaya meningkatkan kinerja kelembagaan di tingkat desa, memperkuat kebersamaan serta meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat melalui forum musyawarah desa.

Terkelin juga mengingatkan agar BPD merupakan mitra kerja Kepala Desa untuk mewujudkan “good governance”, bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di desa.

Selain itu tentunya, dalam kaitan kebijakan keuangan desa, BPD harap Terkelin dapat mengikuti serta menjalankan seluruh prosedur serta mekanisme pengelolaan keuangan desa. Hal ini penting agar pada pelaksanaannya dapat lebih efektif, transparan dalam penggunaan keuangan dan serta pengelolaannya.

Bupati sangat berharap setelah pelatihan yang diselenggarakan kinerja BPD dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta melakukan pengawasan terhadap kinerja Kepala Desa meningkat,hingga kemudian dapat bermanfaat bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa masing-masing.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Karo Abel Tarwai Tarigan, S.Sos. MT, MA dan peserta Pelatihan. (karodaily/rel)

Tinggalkan Komentar

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Leave a Reply

>

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d bloggers like this: