Thursday, 25 April 2019
redaksi@karodaily.com
CSRKaro Raya

Citizen Jurnalism Intensif Class Kuatkan Semangat Jurnalisme Warga

KaroDaily,BERASTAGI– KaroDaily.com bakal gelar lomba penulisan berita bagi Citizen Reporter ( Jurnalisme Warga). Perlombaan ini merupakan salah satu rekomendasi dari Citizen Jurnalism Intensif Class yang sejak 5 hingga Oktober 2017 digelar di Bukit Kubu Hotel Berastagi,Kabupaten Karo.

“Kita akan langsungkan perlombaan ini dengan mengutamakan peserta yang mengikuti Citizen Jurnalism Intensif Class yang baru saja dilangsungkan,”ujar Nanang,SS, Pimpinan Redaksi KaroDaily.com, Jumat (06/10/2017).

Hal ini menurut Nanang diyakini mampu memompa semangat dari Citizen Reporter yang telah dihasilkan melalui dua gelombang pelatihan yang telah digelar oleh pihaknya.

“Ini kita berdayakan demi menguatkan kemampuan insane jurnalis, khususnya dari kalangan Citizen Reporter untuk lebih menguatkan lagi komponen jurnalisme warga yang ada di Kabupaten Karo,”tambah Nanang.

Sementara itu, Citizen Jurnalism Intensif Class yang digelar KaroDaily.com dan PT. Tirta Sibayakindo sendiri diikuti oleh 13 orang peserta yang berasal dari berbagai kalangan, antara lain, BEM Universitas Quality, Humas Pemkab Karo, Ranger Sibayak, Rumah Baca Lembah Sibayak, SoI, Kaum Muda Advent, GAS, dan Perempuan Mandiri Berastagi.

Kegiatan yang menghadirkan instruktur Trully Okto H Purba ( Tribun Medan Kompas Gramedia) dan Daud Sembiring, Adhif,Endro Lewa, Elfian, serta Nanang ( KaroDaily.com), dibuka secara resmi oleh Kabag Humas dan Protokol Setdakab Karo, Drs Joko Sudjarwanto.

Pada sambutannya, Drs Joko Sudjarwanto mengatakan menyambut baik dan mengapresiasi pihak penyelenggara yang telah melaksanakan kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, ia mengharapkan seluruh peserta dapat menimba ilmu pengetahuan dan menambah wawasan dalam bidang jurnalis.

Disamping itu, kata dia, dengan dukungan kemajuan teknologi, media informasi telah membentuk ruang publik yang sangat luas di masyarakat. Partisipasi warga menjadi terbuka lebar dengan kondisi ini. Namun dalam perkembangannya, masih banyak yang menyalahkan bahkan memplesetkan informasi-informasi yang tidak benar atau biasa disebut hoax.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama saling menyaring informasi-informasi di media sosial yang sifatnya meresahkan bahkan bisa juga berujung pada adu domba dan memecah belah keutuhan persatuan masyarakat kita di Kabupaten Karo,” ajak Djoko Sujarwanto.

Acara ini menghadirkan nara sumber dari sejumlah SKPD Pemkab Karo diantaranya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Karo Ir. Timotius Ginting, Kabid Kelembagaan Dinas Pariwisata Karo Verawenta Surbakti dan Sekretaris Dinas Pertanian Karo Munarta Ginting.(karodaily/iwan).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.