Saturday, 19 January 2019
redaksi@karodaily.com
Public Service CareSinabung SR

Desa Terdampak Sinabung Bakal Miliki Legalitas Terbaru

KaroDaily,KABANJAHE-Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH di dampingi Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang hadiri Rapat Koordinasi Tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Dengan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri,Senin (26/03/2018) di Jambur Pemkab Karo, kawasan rumah dinas Bupati Karo, jalan Veteran, Kabanjahe.

Kegiatan dihadiri oleh Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Drs. Aferi S Fudail, M.Si beserta rombongan. Rapat koordinasi Pemerintah Kab. Karo dengan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri dilaksanakan dalam upaya mendiskusikan berbagai permasalahan administrasi pemerintahan desa terkhusus desa yang terkena bencana GA Sinabung.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dalam sambutanya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri atas perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat Kabupaten Karo khususnya bagi desa terdampak Sinabung.

Dalam kesempatan itu Terkelin berharap agar pembentukan ke-3 (tiga),yakni  desa tahap pertama yang yang telah di relokasi dan rencana relokasi tahap ke III untuk 3 (tiga) Desa dan 1 (satu) dusun di Kawasan Siosar, yakni Desa Sukanalu, Desa Sigarang-Garang Kec. Namanteran, Desa Mardinding Kec. Tiganderket dan Dusun Lau Kawar Desa Kutagugung Kec. Namanteran dapat segera dilaksanakan.

Sementara itu Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Drs. Aferi S Fudail, M.Si dalam sambutanya menjelaskan bahwa penataan administrasi pemerintahan desa itu sangat penting, karena menjadi simpul dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

 Oleh karena ia (Fudail) akan menindaklanjuti dengan jalan berkoordinasi di lintas Kementerian/ Lembaga untuk menuntaskan permasalahan desa yang terkena relokasi, sehingga desa yang telah direlokasi jelas dan memiliki legalitas.

 Acara ini juga diisi dengan diskusi dan dialog serta pemberian cinderamata antara Pemkab Karo dengan Dengan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekda Kab. Karo Drs. Kamperas Terkelin Purba, M.Si, Asisten Pemerintahan Setda kab. Karo Drs. Suang Karo-Karo, Kepala OPD Kab. Karo serta seluruh Camat Kabupaten Karo.(karodaily/iwan/rel).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.