KARODAILY.com

Diagnosa Kanker Serviks Melalui Pap Smear dan IVA

    Kategori: Karo Today
  • Minggu, 11 Maret 2018 | 10:36
  • / 23 Jumadil Akhir 1439
  • Dibaca : 148 kali
Diagnosa Kanker Serviks Melalui Pap Smear dan IVA
Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana berfoto bersama peserta sosialisasi pencegahan kanker serviks. (karodaily/ist/ trims).

KaroDaily,BERASTAGI-Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana menggelar sosialisasi pencegahan kanker serviks di eks Kantor Camat Berastagi, komplek Pasar Bunga dan Buah, Selasa (06/03/2018).

Dalam kesempatan ini, Sariati menjelaskan bahwa langkah pertama dalam mendiagnosa apakah seorang wanita menderita kanker serviks yakni paling umum dilakukan dengan melihat hasil tes Pap Smear dan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA)

Menurutnya, tes IVA salah satu upaya pemeriksaan awal yang diprioritaskan bagi perempuan Indonesia agar dapat dilakukan penanganan tepat dan cepat bila diketahui gejalanya. Kegiatan ini juga mendorong upaya program-program pusat untuk menekan jumlah korban akibat kanker.

“Sesuai dengan tujuan pemerintah untuk mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), kegiatan ini dapat mengubah pola pikir dan memberdayakan masyarakat agar dapat hidup mandiri, produktif, kreatif dan berkarakter,” jelas Sariati br Sitompul.

Disamping itu, kata dia, penciptaan tenaga kerja yang produktif merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah saat ini. Produktivitas juga merupakan salah satu faktor penting yang menentukan pertumbuhan ekonomi di suatu daerah.

“Berbagai hal yang berpotensi menimbulkan menurunnya produktivitas pada kaum perempuan, harus dideteksi sedini mungkin. Melakukan pemeriksaan IVA merupakan salah satu bentuk upayanya. Sayangi diri anda,” tegasnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Berastagi dr. Rahmenda br Sembiring menjelaskan, sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya upaya pencegahan kanker leher rahim sejak dini serta meningkatkan pola hidup bersih dan sehat baik di rumah maupun di tempat kerja.

Usai acara sosialisasi, dilanjutkan dengan tes IVA dan peresmian pondok IVA tes serta donor darah yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karo.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Karo dr. Hartawaty br Tarigan, Ketua PMI Kabupaten Karo dr. Jasura Pinem M.Kes, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Karo Drs. Seruan Sembiring, Camat Berastagi Mirton Ketaren, Ketua PKK Pokja 4 Kecamatan Berastagi Ny. Mirton Ketaren, para Bidan Desa, kepala desa/ lurah se Kecamatan Berastagi.(karodaily/iwan/rel)

Tinggalkan Komentar

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Leave a Reply

>

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d bloggers like this: