Saturday, 18 May 2019
redaksi@karodaily.com
DistrictPublic Service Care

Jalan Menuju Pemandian Air Panas Semangat Gunung Bakal Diperlebar

KaroDaily,BERASTAGI–  Jalan wisata menuju pemandian air panas Desa Doulu Kecamatan Berastagi dan Semangat Gunung Kecamatan Merdeka bakal diperlebar tahun 2018. Janji ini diungkapkan Bupati Karo Terkelin Berahmana saat melakukan kunjungan lapangan Jumat (20/10/2017).

Lebih lanjut Terkelin yang datang didampingi Kepala Bappeda Karo, Ir Nasib Sianturi, M.Si  dan Kabid Perencanaan Bappeda Ir Amal Sembiring mengatakan Pemkab Karo sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum lainnya di seluruh Kabupaten Karo, baik yang sedang dan sudah dilaksanakan maupun yang masuk dalam program yang akan datang.

Bupati mengharapkan dukungan masyarakat desa Doulu dan Semangat Gunung (Raja Berneh) dalam proses pembangunan jalan tersebut nantinya. Secepatnya, kita akan mengusulkan ke Dinas Kehutanan Pemprovsu, terkait pelebaran jalan itu yang akan melewati kawasan kehutanan.

Karena sambungnya, terdapat ketentuan, bila dibawah 5 hektar kawasan hutan yang terkena dampak pelebaran atau pembangunan infrastruktur jalan, cukup hanya dimohonkan ke provinsi,namun bila diatas 5 hektar baru diusulkan ke Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup di Jakarta.

“Nah, setelah tadi kita survey mulai dari Simpang Doulu sampai Desa Semangat Gunung yang panjangnya hanya sekitar 5 km, kawasan hutan yang terkena dampak hanya dibawah 5 hektar, jadi cukup diusulkan ke Dinas Kehutanan Pemprovsu. Mudah-mudahan pelebaran jalan ini sudah bisa dilaksanakan tahun anggaran 2018,” jelas Bupati Karo.

Pelebaran jalan Simpang Doulu menuju desa Semangat Gunung memang sudah sangat mendesak. Selama ini langkah tersebut terhalang kawasan hutan lindung disepanjang jalan.

“Infrastruktur yang memadai akan membantu pemerintah dan masyarakat untuk menggenjot potensi wisata secara maksimal, karena pembangunan infrastruktur adalah kunci pengembangan pariwisata,” ujar Terkelin Brahmana.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Karo, Ir Nasib Sianturi mengatakan nantinya selain diperlebar, jalan menuju pemandian air panas akan dibuat dua jalur. Dimana, pada sepanjang jalan akan dilengkapi dengan penerangan

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karo Ir Paten Purba mengatakan jalan alternatif Simpang Desa Doulu menuju Berastagi melalui Simpang Tiga Gunung Sibayak menuju Desa Jaranguda ke Berastagi, perbaikannya akan ditampung di APBD Karo tahun anggaran 2018.(karodaily/patrolinews.com).

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.