KARODAILY.com

Maknai Sumpah Pemuda, Generasi Muda di Karo Diajak Melawan Benih Disintegrasi Bangsa

    Kategori: Karo Today
  • Senin, 30 Oktober 2017 | 18:05
  • / 9 Safar 1439
  • Dibaca : 1948 kali
Maknai Sumpah Pemuda, Generasi Muda di Karo Diajak Melawan Benih Disintegrasi Bangsa
Ziarah ke Makam Pahlawan Kabanjahe usai peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89.(karodaily/ist).

KaroDaily,KABANJAHE– Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tingkat Kabupaten Karo, Senin (30/10/2017) berlangsung khidmat di halaman Kantor Bupati Karo, jalan Djamin Ginting, Kabanjahe.Selain upacara bendera, kegiatan ini juga dirangkai dengan pelaksanaan tabor bunga di Makam Pahlawan Kabanjahe.

Pada amanatnya, Kajari Kabanjahe Gloria Sinuhaji yang didaulat membacakan pidati Menpora Imam Nahrawi mengatakan kepada semua pihak agar mengingat sejarah dan peran besar pemuda Indonesia dalam setiap gerak kehidupan berbangsa. Diawali dengan sumpah setia satu nusa,bangsa dan bahasa, 71 kelompok kepemudaan mengikrarkan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

 “Terdapat 71 pemuda peserta kongres lainnya, mereka memiliki latar belakang agama,suku,bahasa dan adat istiadat yang berbeda beda, namun fakta sejarah menunjukkan bahwa sekat dan batasan-batasan tersebut tidak menjadi halangan bagi para pemuda Indonesia untuk bersatu demi cita-cita besar Indonesia.inilah yang kita sebut dengan” berani bersatu,” ujar Menpora sebagaimana dibacakan Gloria Sinuhaji.

Gloria juga berpesan seperti teks pidato Menpora kepada seluruh elemen bangsa dengan mengutip amanah Presiden Republik Indonesia yang pertama, yakni ” jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda.Kalau Sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa,dan satu tanah air, tapi ini bukan tujuan akhir”, pesan yang disampaikan Bung Karno ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia, api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan,”terangnya.

Hingga dengan itu, Kajari Karo juga berharap agar pemuda Indonesia, terkhusus di Kab Karo untuk berani melawan setiap bentuk yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita.Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa.Kita harus berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh diatas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan , saatnya kita berani bersatu untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia,”pungkasnya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 89 tahun 2017 di Karo tampak dihadiri oleh Bupati Karo Terkelin Berahmana , Wakil Bupati Karo Cory SSebayang, Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu, Kajari Karo Gloria Sinuhaji, Wakapolres Tanah Karo Kompol Pol E.Situmorang, Wadan Yonif 125/Smb Mayor Inf Muhaidin, Sekretaris Pengadilan Negeri Kabanjahe Berkin Ginting,Dansubdenpom I/2-1 Tanah Karo Kapten Cpm Ruslan Hutagalung, dan Ketua KNPI Kab.Karo Septa Perangin-angin.

Sedangkan para peserta terdiri dari ASN Pemkab Karo, personil Kodim 0205/TK  2( dua)pleton, Polres Tanah Karo 2 (dua) pleton,Yonif 125/Smb 2 ( dua) pleton, BNNK Kab.Karo, Dharma Wanita/Pertiwi/Bhayangkari/PKK, Pramuka Tanah Karo, Anggota Paskibraka, Akper Arta/Takasima/Akbid/Mahasiswa Quality/ AKL, Siswa/i SMA Negeri se-kota Kabanjahe, KNPI dan OKP. (karodaily/nanang)

 

Tinggalkan Komentar

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Leave a Reply

>

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d bloggers like this: