Tuesday, 21 May 2019
redaksi@karodaily.com
Kuta Kita

Partisipasi Warga Rendah, Gotong Royong di Sukanalu Tetap Berjalan

KaroDaily, BARUSJAHE – Kepala Desa Sukanalu Pasti Tarigan menggelar gotong royong di desanya, Jum’at (28/04/2017). Gotong royong merupakan program utama Kepala Desa Sukanalu untuk menata dan mengatasi persoalan lingkungan yang tak kunjung teratasi.

“Sudah empat kali dimasa saya melaksanakan gotong royong. Masih difokuskan pada perbaikan sanitasi lingkungan karena masalah ini sudah sangat memprihatinkan. Setiap hujan pasti rumah-rumah di seputaran aliran drainase kebanjiran,” ujar Pasti Tarigan.

Ia mengharapkan dengan gotong royong masalah ini mampu diatasi seraya tetap berharap pemerintah mau membantu pembuatan drainase baru untuk membagi aliran air hujan yang turun di desa tersebut.

Pantauan di lokasi, partisipasi peserta gotong royong yang juga dihadiri Camat Barusjahe Kalsium Sitepu ini terlihat rendah. Terlihat sibuk bekerja hanyalah perangkat desa, anggota BPD, kader dan petugas kesehatan. Sementara, masyarakat hanya sedikit bila dibandingkan dengan yang sedang berada di warung.

Saat dikonfirmasi, Pasti mengakui partisipasi masyarakat untuk ikut gotong royong masih minim sekali. Bahkan, yang rumahnya terimbas dari buruknya drainase ini juga tidak terlihat dalam aksi bersih-bersih ini.

“Tapi kami pemerintah desa tidak pernah berputus asa untuk mengajak dan memberikan contoh kepada masyarakat bahwa gotong royong ini mampu menyelesaikan persoalan. Semoga ke depan masyarakat Sukanalu yang sudah relatif modern ini masih mau berpartisipasi dalam kegiatan gotong rotong,” katanya mengharap.

Camat Barusjahe Kalsium Sitepu tetap mengapresiasi kepala desa. Ia meminta kepala desa agar tetap mengajak serta masyarakat dalam berpartisipasi.

“Agar menanamkan budaya malu tidak peduli lingkungan. Karena seluruh desa yang melakukan gontong royong selalu diikuti oleh seluruh masyarakat. Jadi kalau pun saat ini belum, ke depan saya yakin masyarakat akan sadar,” pungkasnya. (kd/ds)

EDITOR: ABDULLAH LATHIF MANJORANG

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.