Saturday, 20 April 2019
redaksi@karodaily.com
AgroKuta Kita

Pemdes Talimbaru dan Dinas Perikanan Karo Sebar 2.000 Benih Ikan di Cekdam Lau Sukat

KaroDaily,TALIMBARU-Manfaatkan Cekdam ( sumber air), Pemerintahan Desa Talimbaru, Kecamatan Barus Jahe,Kabupaten Karo, Rabu (27/09/2017) sebar 2.000 benih ikan. Selain memanfaatkan lebih fungsi Cekdam, penyebaran benih ikan bantuan Dinas Perikanan Pemkab Karo ini juga ditujukan mengembangkan kegiatan ekonomi masyarakat desa kedepan.

Lebih lanjut terang Kepala Desa Talimbaru, Ferianto Tarigan, bibit ikan yang disebar di Cekdam Tambak Sukat sebelumnya diperoleh setelah pihaknya mengajukan permohonan ke Dinas Perikanan Pemkab Karo.

“Saat itu kita berfikir langkah – langkah apa yang dapat meningkatkan perekonomian warga, dan inilah akhirnya yang kita pilih,”ujar Ferianto.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Pemkab Karo, Metehsa Purba,SH pada kesempatan yang baik kemarin menyambut baik gagasan yang ditelurkan oleh Pemdes Talimbaru. Karena sambungnya, pemberian bantuan bibit ikan merupakan suatu program restoking atau penyebaran bibik ikan ke peraian bebas seperti danau, sungai atau cekdam yang berfungsi menjaga ekosistem alam serta nilai guna bagi masyarakat sekitar.

“Kami berharap pemerintah desa dan masyarakat mau menjaga pertumbuhan benih ikan yang kita sebar hari ini dengan tidak, menyetrum dan meracun cekdam ini untuk menangkap ikan, dan memancingpun hendaknnya dilarang, atau bila perlu pada saat pesta tahunan saja ikan ini kita ambil,” terangnya.

Selain itu, Metehsa mengingatkan hal ini tentunya masih kegiatan awal dari rantai panjang tujuan pengembangan hajat ekonomi masyarakat desa.

“Masih ada kerjaan tambahan kita selain merawat area, yakni pada persoalan pemberian pakan. Kita harapkan nantinya secara kontinyu menaburkan pakan,”pungkasnya.(karodaily/daut).

Penulis : Daut

Editor  : Nanang  

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.