Friday, 19 April 2019
redaksi@karodaily.com
Kuta Kita

Perangkat Desa Sukanalu Dilantik

KARODAILY.com, BARUSJAHE – Sebanyak lima perangkat desa ditambah satu bendahara desa dan tiga kepala dusun di Desa Sukanalu dilantik, Rabu (08/03/2017).

Hal ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 8 ayat (3) dan Pasal 9 ayat (4) Peraturan Daerah Kabupaten Karo Nomor 07 Tahun 2016 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

“Sesuai dengan Keputusan Kepala Desa Sukanalu Nomor 140/146/SN/2017 tanggal 7 Maret 2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Perangkat,” ujar Nurjana Br Sitepu selaku Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa.

Kelima perangkat desa yang dilantik yakni, Miftah Yessy Br Sitepu sebagai sekretaris desa, Master Sembiring, Riko Indi Tarigan, Dodi Dameanus Sembiring dan Elyas Tarigan, masing-masing mengisi jabatan kasi dan kaur.

Kemudian, Iskandar Ginting menjadi bendahara desa, Darwin Sitepu menjadi Kepala Dusun Terpuk Rumah Julun, Gembira Sitepu menjadi Kepala Dusun Terpuk Rumah Ukir dan Julhepdi Sitepu sebagai Kepala Dusun Terpuk Rumah Mecu.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sukanalu Pasti Tarigan, S.T. menyatakan, perangkat desa adalah unsur staf yang membantu kepala desa dalam penyusunan kebijakan dan koordinasi. Untuk itu, perangkat desa yang dilantik harus benar-benar mau belajar dan bekerja untuk kemajuan desa.

“Kita harus bersama-sama mewujutkan visi dan misi desa ini menuju masyarakat yang sejahtera dan adil. Pelayanan prima harus kita tingkatkan. Kapan pun waktunya harus siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” katanya seraya meminta agar perangkat desa tidak terlibat dalam jaringan narkoba ataupun judi.

Senada, Ketua BPD Karim Ginting mengingatkan perangkat desa yang dilantik belajar tentang adat dan istiadat. Menurutnya, mau tidak mau, tatanan kehidupan selalu bersentuhan dengan nilai-nilai budaya. Ia juga meminta agar perangkat desa ini benar-benar memahami tugas pokok dan fungsinya selaku mitra BPD.

“Jangan kau tanya apa yang telah diberi negara kepadamu. Tetapi, tanyalah apa yang dapat kau beri kepada negara ini,” ujarnya mengutip pernyataan mantan presiden Amerika Serikat, John F Kennedy.

Sementara, Camat Barusjahe Drs. Kalsium Sitepeu melalui Seketaris Daut Sembiring mengucapkan selamat atas telah diisinya perangkat Desa Sukanalu. Ia berpesan agar kepala desa dan perangkat berjalan bersama dan saling bekerjasama untuk membangun desa.

“Kepada kepala desa, Camat meminta Agar terus mengembangkan dan mendidik perangkatnya yang relatif masih muda dan enerjik, baik di bidang administrasi, budaya dan pelayanan,” pungkasnya. (kd/daut)

EDITOR: ABDULLAH LATHIF MANJORANG

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.