Saturday, 19 January 2019
redaksi@karodaily.com
Karo RayaWonderfull Karo

Peresmian Kapel Baru Santa Faustina di Puncak 2000

KaroDaily,SIOSAR- Uskup Agung Medan, Monsignor (Mgr) Anicetus Bongsu Sinaga OFM, dan Pastor Emiritus Mgr A G Pius Datubara OFM Cap, didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Ny Sariati Terkelin Brahmana menghadiri acara pesta “Kerahiman Ilahi” dan Peresmian Kapel Baru Santa Faustina di Puncak 2000, Desa Kacinambun Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo, Minggu (08/04/2018).

Koordinator Umum Cynthia Leowardy, Direktur Rohani RP John Rufinus Saragih OFM Cap, pastor P Carolus Sembiring, Pastor Agus Yew, Pastor Silvester, Pastor Mansyur, Pastor Iwan Lumbangaol, Pastor Gundo Saragih, Pastor Michael, para Apostolat Kerahiman Ilahi Keuskupan Agung Medan dan tamu undangan dari Filipina, Malaysia, Singapore, Kalimantan, Batam dan Jakarta. Peresmian tersebut juga dihadiri seratusan jemaat Gereja Katolik seputaran desa Kacinambun dan Siosar untuk memberikan doa, sekaligus melihat langsung prosesi peresmian.

Sebagaimana dilansir harianandalas.com, usai pengguntingan pita dilanjutkan kebaktian misa. Dalam khotbahnya, Uskup Agung Monsignor (Mgr) Anicetus Bongsu Sinaga, OFM mengajak seluruh jemaat agar senantiasa bersukacita dan selalu mengucap syukur kepada Tuhan. Jemaat diajak saling berdamai, saling mengasihi dan mengampuni sesamanya. Bila hal ini dapat diterapkan maka berkah itu akan berlimpah bagi kehidupan kita masing-masing.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi kebersamaan dan kekompakan seluruh panitia dan jemaat sehingga pesta “Kerahiman Ilahi” dan Peresmian Kapel Baru Santa Faustina di Puncak 2000, Desa Kacinambun Kecamatan Tigapanah dapat terlaksana dengan baik.

Gereja adalah tempat persekutuan doa, tempat memuji dan memuliakan Tuhan, gereja juga salah satu tempat untuk mengubah karakter, untuk itu bupati mengajak seluruh masyarakat agar aktif mengikuti acara kegerejaan. Atas nama Pemerintah Kabupaten Karo, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak, khususnya panitia pelaksana atas terselenggaranya pesta Kerahiman Ilahi dan Peresmian Kapel ini di Puncak 2000 yang pemandangannya cukup indah

Sebagai orang beriman kepada Tuhan kita tetap percaya kebaikan Tuhan tetap nyata bagi kita dalam segala situasi  dan masih kita dipertemukan di tempat ini.

 “Kenapa saya katakan demikian, sekadar mengingatkan beberapa tahun lalu, persiapan Pilkada Karo 2015 akan dilakukan, bersamaan diundang saat itu untuk melakukan peletakan batu pertama Kapel baru ini, ternyata tidak terasa sekarang di  2018 bangunan “Santa Faustina” ini sudah siap, ini yang membuat saya gembira dan bahagia, karena kesempatan ini Tuhan masih mempertemukan saya dengan Bapak/ibu sekalian semuanya dengan damai sejahtera,”tuturnya

Dia menambahkan, melalui acara kita dapat menerima pesan utama kelahiran Ilahi adalah mengasihi kita semuanya, kita menyadari bangsa kita adalah bangsa yang majemuk terdiri dari berbagai suku, agama, etnis, bahasa dan budaya.Tapi kita sangat yakin, tidak ada cara lain untuk mempertahankan kemajemukan itu. Kita harus saling menghormati, saling menghargai perbedaan masing-masing.”Kemudian kemajemukan bangsa harus disikapi dengan penuh rasa syukur dan keragaman yang kita miliki harus kita terima sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan serta kerukunan antar umat beragama di masyarakat kita dengan tetap melestarikan kearifan lokal yang selama ini kita hormati,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Karo, Asisten 1 Pemerintahan Setdakab Karo Drs Suang Karo-karo, Kepala Bappeda, Ir Nasib Sianturi MSi, Kepala Dinas Sosial Benyamin Sukatendel, Kadis Pertanian Sarjana Purba STP MM, Kabag Sosial Maria Br Barus, Camat Tigapanah Data Martina Br Ginting, Rehulina Brahmana Kabid BPMD, Joses Bangun Kabid Dinas Sosial, Ny Etty Suang Karo-Karo, Ny Janaria Nasib Sianturi. Puncak 2000 adalah kawasan Desa Kacinambun Kecamatan Tigapanah yang berada 2000 meter di atas permukaan laut (MDPL), tidak jauh dari lokasi ini adalah Desa Siosar kawasan relokasi pengungsi Sinabung. (karodaily/hac/rta)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.