Tuesday, 19 February 2019
redaksi@karodaily.com
Karo RayaNusantaraSumatera UtaraWonderfull Karo

Pesta Budaya Mejuah juah Diharapkan jadi Wahana Pelestarian Budaya Karo

KaroDaily,BERASTAGI– Wakil Gubernur Sumatera Utara Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung Kamis (26/10/2017) membuka secara resmi Pesta Budaya Mejuah-Juah, di Taman Mejuah juah Berastagi. Diharapkan event ini dapat terus dilaksanakan dengan jadwal tetap, sehingga menjadi kalender resmi yang dapat menjadi daya tarik wisata budaya yang ada di Sumut.

Pada sambutannya, Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung mengatakan Pesta Budaya Mejuah-Juah ini merupakan bukti Pemerintah Kabupaten Karo sangat peduli dengan pelestarian dan pengembangan kebudayaan yang perlu ditanamkan kepada generasi muda agar dapat lebih mencintai budaya daerahnya terutama budaya Karo. Keunikan adat dan tradisi budaya Karo tidak ada ditemukan di negara manapun di dunia ini, untuk itu perlu terus dilestarikan, dirawat dan dijaga.

Selain itu, Wagubsu menilai Pesta Budaya Mejuah Juah ini dapat meningkatkan rasa kecintaan masyarakat terhadap seni budaya Karo, dan membangun semangat para seniman untuk berkarya lebih baik lagi dalam mengembangkan kebudayaan Karo, sehingga tidak punah oleh budaya asing.

Sementara itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana menerangkan, Pesta Budaya Mejuah-Juah ini sebagai salah satu sarana pelestarian budaya Karo, dan  sebagai filter terhadap budaya asing yang dapat mengikis nilai-nilai budaya daerah.

“Juga tetap menjalin persatuan dan kesatuan melalui budaya kita, merga silima tutur siwaluh rakut sitelu perkade kaden sepuluh dua tambah sada,” terang Terkelin Brahmana.

Lebih lanjut, Terkelin menyebutkan budaya Karo memiliki karakteristik tersendiri dan berbeda dengan budaya suku lain di Indonesia, sehingga menjadi daya tarik wisatawan. Bupati juga tak lupa menyatakan, bahwa Pemkab Karo tetap peduli dengan pengungsi Sinabung dan tetap konsisten mempercepat penanganan erupsi Gunung Sinabung.

Ketua Panitia Pesta Budaya Mejuah-Juah, Mulia Barus mengatakan, pelaksanaan event wisata kebanggaan masyarakat Karo itu akan berlangsung selama 4 hari, mulai hari ini, Kamis (26/10/2017) hingga Minggu (29/10/2017).

Sebelumnya, dilakukan pawai kontingen peserta di depan tribun kehormatan Jalan Veteran Berastagi diterima langsung oleh Wagubsu bergantian dengan Bupati Karo.

Pantauan wartawan, peserta diawali Kecamatan Berastagi yang menampilkan tradisional budaya Karo “Erpangir ku Lau”. Kecamatan Barusjahe menampilkan budaya “Gundala-gundala”. Selanjutnya, Kecamatan Kabanjahe menampilkan hasil khas pertanian dan buah, disusul anak-anak Sinabung yang juga mengedepankan ciri khas budaya Karo.

Kecamatan Lau Baleng mengusung  tema “Mehamat man Kalimbubu, Metami man Anak Beru” diringi musik tradisional, berkolaborasi musik modern. Cendramata dari Lau Baleng berupa Amak Tayangen (tikar-red) dan gula kelapa asli. Tiga Nderket,  hasil buah dan pertanian. Tidak ketinggalan etnik Pak-pak di Kabanjahe juga turut memeriahkan pawai kontingen.

Selanjutnya, kontingen Pemuda Merga Silima Kabupaten Karo, disusul Fashion show, kontingen Tiga Panah, Merdeka, Dolat Rayat menampilkan khas tradisi kuliner Karo berupa Cimpa Tuang dan Jong Labar, Naman Teran, Simpang Empat, Hotel Mikie Holiday Berastagi menampilkan tarian tradisional Karo. Kemudian, Kecamatan Payung dan Tiga Binanga, Merek dan Juhar yang semuanya menampilkan ciri khas budaya Karo. Pawai diselang selingi drum band anak sekolah SMP dan SMA dari Kabanjahe dan Berastagi.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati, Cory S Sebayang, Kadis Pariwisata Pemprovsu Elisa Marbun , perwakilan Menteri Pariwisata dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Wakil Ketua dan anggota DPRD Karo, Effendi Sinukaban, Ferianta Purba dan Thomas Joverson Ginting, Kapolres AKBP Rio Nababan, Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu, Sekdakab Kamperas Terkelin Purba, Ketua Badan Pelaksana Geopark Kaldera Toba (BP-GKT), Alimin Ginting, dan juga beberapa perwakilan dari Binjai, Pakpak Barat, Humbahas, Taput dan daerah lainnya,serta seluruh pimpinan SKPD Pemkab Karo.(karodaily/hetanews.com).

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.