Friday, 22 February 2019
redaksi@karodaily.com
AgroKaro RayaKuta Kita

Petani Jeruk Kubu Colia Kembangkan Konsep Agro Wisata

KaroDaily,KUBU COLIA-Areal pertanaman jeruk Desa Kubu Colia, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo mulai kembangkan konsep agro wisata dalam pola kegiatan ekonominya. Hal ini menjadi pilihan ditengah harga jual yang senantiasa fluktuatif.

Gagasan ini diungkapkan salah satu petani jeruk Desa Kubu Colia, Sadrah Sembiring Meliala di lokasi pertanaman jeruknya. Karena dengan sedikit merubah gaya pengelolaan kegiatan ekonomi pertanian jeruk, diyakini dapat membangun kestabilan para petani.

“Kalau dengan pola seperti sekarang kita hanya berharap pada pasar, jika dengan konsep agrowisata ada harapan kita membangun pasar tersendiri,”ujar pria yang juga dikenal sebagai salah satu pakar di bidang pembibitan jeruk ini.

Lebih lanjut kata Sadrah yang telah banyak memperoleh penghargaan dibidang pembibitan dan pertanaman jeruk ini, dengan mengembangkan agrowisata jeruk, pihaknya juga sekaligus ingin berbagi ragam hal tentang pertanian jeruk kepada para pengunjung yang hadir.

“Jadi tidak hanya sekedar memetik secara langsung buah jeruk diladang kita, tetapi kita juga memberikan pemahaman dan pengenalan dasar kepada pengunjung tentang pola pertanian jeruk, jadi ada nilai plus dari yang kita kembangkan,”tambah Sadrah yang kerap kali menjadi pembicara di berbagai Universitas di Indonesia ini.

Apalagi gagasan ini, sambung Sadrah merupakan bahagian dari pembelajaran pihaknya yang acapkali dikunjungi oleh banyak kalangan guna belajar tentang berbagai hal menyangkut pertanian jeruk.

“Selama ini kita juga banyak dikunjungi oleh berbagai kelompok, baik itu universitas, masyarakat pecinta jeruk dan instansi pemerintah maupun swasta. Apa salahnya kedepan kita kembangkan lagi menjadi baku agar kegiatan ekonomi pertanian kita berjalan,”pungkas ahli jeruk ini.(karodaily/nanang).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.