Friday, 18 January 2019
redaksi@karodaily.com
AgroCitizen JournalismWonderfull Karo

Peternak Lebah Madu di Lembah Sibayak Ingin Pendampingan Community Development PT Tirta Sibayakindo Terus Berlanjut

KaroDaily,LEMBAH SIBAYAK-Terinspirasi dari sebuah film, Dermansyah, warga Desa Doulu,Kecamatan Berastagi, memilih menambah penghasilan dari beternak Lebah Madu. Bergabung dalam kelompok Mekar Sari yang merupakan binaan community development PT Tirta Sibayakindo (TSI), pria dengan sapaan Pak Der ini mengaku lebih mendapat banyak pengetahuan sejak mengikuti pendampingan.

“Lupa aku judul filmnya, tapi ya itu jadi muncul keinginan. Kubeli buku buku tentang Lebah Madu, darisitu baru aku bisa berdiskusi kecil kecilan dengan orang yang memiliki pengetahuan yang sama,”ujar Pak Der.

Pendampingan sendiri dilaksanakan oleh mitra PT TSI, Source of Indonesia. Disinilah kata Pak Der dirinya seperti ketemu dengan sumber mata air.

“Jelas sangat terbantu secara ilmu dulu. Kalau dulu saya keluar uang beli buku, sekarang tidak lagi.Ini dikarenakan saya dan masyarakat lainnya mendapatkan pelatihan dan difasilitasi secara luas belajar budidaya lebah madu dengan gratis oleh Aqua,”tambahnya.

Itulah yang kemudian semakin melecut dirinya dan kawa kawan untuk secara serius dan professional mengelola peternakan Lebah Madu yang ia miliki. Kalau sekarang ia yang memiliki 12 kotak lebah berharap dapat lebih berkembang, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas produksi.

Pak Der juga berharap kedepannya Lebah Madu miliknya dan kelompok cepat mendapat lisensi merek dari pemerintah. Hal ini dipandang cukup penting dari sisi pasca produksi.

“Kita sadar sering kalah dengan kolega sesame dari daerah lain di kegiatan pasca produksi. Untuk itu kita beraharap agar pendampingan oleh Aqua dapat terus berlanjut hingga kami bisa memiliki izin merek dari lembaga pemerintah yang menangani ,”tandas Pak Der yang juga sempat mengecap pendidikan budidaya Lebah Madu di Aek Nauli, Kabupaten Simalungun.(*).

Pengirim : citizen reporter, Yayang Pradayu, untuk karodaily.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.