Saturday, 19 January 2019
redaksi@karodaily.com
Karo TodayPeristiwaSinabung SR

POSPERA KAB KARO dan Masyarakat Pengungsi Sinabung Kembali Tuntut Hak Hidup Layak pada Pemkab Karo

KaroDaily,KABANJAHE– DPC POSPERA Kab Karo dan masyarakat pengungsi korban erupsi Gunung Api Sinabung, Senin (11/09/2017) gelar aksi unjuk rasa besar – besaran di seputar kota Kabanjahe. Fokus utama pengunjuk rasa adalah menuntut kepastian hunian tetap bagi mereka yang telah tujuh tahun terakhir berada di camp pengungsian.

Lewat siaran persnya, DPC POSPERA Kab Karo melalui Sekretaris, Heriko Sembiring mengatakan masyarakat pengungsi korban erupsi GA Sinabung, khususnya asal Desa Sigarang –Garang,Desa Suka Nalu Teran dan Desa Kuta Gugung Kecamatan Naman Teran, serta Desa Mardingding,Kecamatan Tiga Nderket, Kab Karo mengaku telah kehabisan kesabaran dalam menghadapi hidup di pengungsian.

“Harta benda dan lahan pertanian telah hilang, kesabaran pun telah hilang,”sebut siaran pers tersebut.

Untuk itu mereka menuntut kepada pemerintah untuk menyaipkan hunian tetap kepada pengungsi asal empat Desa tadi serta juga menyediakan lahan pertanian bagi bercocok tanam warga.Tidak ketinggalan, pengunjuk rasa juga meminta dengan tegas perhatian pemerintah kepada anak – anak sekolah dan bantuan lainnya agar mereka dapat menata hidup kembali.

POSPERA terang siaran pers menilai tuntutan masyarakat cukup wajar dan pantas. Sebaliknya, apa yang telah diperbuat pemerintah selama ini terbilang tidak wajar mengingat adanya semacam pembiaran bagi tertatanya kehidupan pengungsi yang layak dan pantas.

Para pengunjuk rasa diketahui memilih titik kumpul di Makam Pahlawan Kabanjahe, darisana mereka bergerak menuju DPRD Karo dan Kantor Bupati Karo.(karodaily/endro lewa).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.