Tuesday, 21 May 2019
redaksi@karodaily.com
DistrictKuta KitaPublic Service Care

Publik Harus Bangun Kepedulian Lindungi Perempuan dan Anak

KaroDaily,SEMANGAT– Kasus kekerasan terhadap anak di Kabupaten Karo masih terus berkembang. Kurang pedulinya lingkungan sekitar terhadap perlindungan anak membuat fenomena gunung es atas masalah ini tak terhindarkan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemkab Karo, dr Hartawati Br Tarigan saat gelar Sosialisasi Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan Perlindungan Terhadap Anak, Kamis (05/10/2017) di Desa Semangat,Kecamatan Barus Jahe, Karo.

“Masih banyak kasus kekerasan yang tidak terungkap ataupun pihak-pihak disekeliling tidak berani mengungkapkannya,”ujar Hartawaty.

Hartawaty yang hadir didampingi Kanit PPA Satreskrim Polres Tanah Karo Bripka Rotua Sipayung juga mengatakan hingga Juli 2017 telah tercatat 42 kasus KDRT yang ditangani oleh aparat kepolisian. Dari sana seluruhnya telah sampai ke tangan penuntut umum.

Kasus kasus itu tambah Bripka Rotua Sipayung , bisa lebih banyak lagi karena pihaknya juga sedang menangani sejumlah kasus sejenis .

“Yang terpenting adalah kita harus membangun lingkungan sekitar yang sadar akan pemberian pertolongan pertama pada anak dan perempuan yang menjadi korban kekerasan, setidaknya memang perlu pembekalan tindakan preventif seperti yang dilakukan Pemdes Semangat ini,”terang Rotua.

Sementara , Kepala Desa Semangat Eka Jaya Sitepu, SE, pada sambutannya menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan bukan karna di desa kami banyak kekerasan terhadap perempuan dan anak namun dilandasi oleh kesadaraan pengurus PKK dan anggota akan pentingnya pemahamam tentang perlindungan anak dan perempuan sebagai  daya tangkal terjadinya kasus KDRT di desa ini.

Kegiatan sosialisasi yang dananya bersumber dari APBDesa Semangat Tahun 2017dihadiri puluhan warga,pria maupun wanita, BPD, pendamping desa dan OKP Pemuda Pancasila dengan moderator Sekcam Barus Jahe Daut Sembiring.(karodaily/iwan).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.