Saturday, 19 January 2019
redaksi@karodaily.com
Kabar SiosarPublic Service CareWonderfull Karo

Siosar Jadi Planet Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

KaroDaily,SIOSAR-Pemkab Karo bekerja sama dengan Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) meresmikan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Jambur Desa Bekerah, kawasan relokasi Siosar, Kamis (14/09/2017).

Adapun desa yang dicanangkan menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan diantaranya, Desa Bekerah, Desa Simacem, Desa Sukameriah dan Desa Ketaren. Peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini untuk kali pertama di Kabupaten Karo.

Berdasarkan lansiran sumutberita.com, peresmian ini dilaksanakan secara langsung oleh Plt. Sekdakab Karo, Jernih Tarigan SH bersama Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut, Umardin Lubis SE yang ditandai dengan pengguntingan pita.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Medan, Drs. Bambang Utama MM; Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Karo, Sanco Simanullang ST MT dan beberapa Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Karo.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut, Umardin Lubis SE dalam sambutannya menyampaikan, pembentukan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini bertujuan agar masyarakat mengenal lebih dekat program BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan demikian, kata dia, akan dapat menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja di desa. Menurutnya, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, berarti melindungi diri sendiri dan keluarga dari risiko yang terjadi.

Lebih lanjut disampaikan, penetapan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan komitmen BPJS Ketenagakerjaan, yakni melindungi dan mensejahterahkan seluruh pekerja dan keluarganya dan meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja serta mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional.

Sementara, Plt. Sekdakab Karo, Jernih Tarigan SH dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan terima kasih atas dipilihnya desa di kawasan relokasi Siosar sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Ini merupakan komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja desa di Karo. Diharapkan agar seluruh desa di Karo dapat menyelenggarakan hal serupa sehingga masyarakat desa semakin memahami pentingnya perlindungan BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Jernih.

Ia juga menghimbau agar seluruh lapisan masyarakat baik petani, pedagang tukang, pekerja lepas dan perangkat desa, agar mendaftarkan diri dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Baik program jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua maupun jaminan pensiun.

Acara ini juga diisi dengan pemberian sertifikat dan penghargaan kepada desa, pemberian kartu BPJS Ketenagakerjaan, santunan jaminan hari tua, santunan jaminan kematian dan bantuan sembako kepada masyarakat Siosar.

Selanjutnya dilaksanakan penandatanganan MoU antara pihak BPJS Ketenagakerjaan dengan desa dan diakhiri dengan pengguntingan pita peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Turut hadir diantaranya, perwakilan Kejaksaan Negeri Karo, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM Drs. Sarjani Tarigan MSP, Plt. Kepala Dinas PMD Kabupaten Karo Ir. Nasib Sianturi, Camat Kabanjahe Gelora Fajar Purba, Camat Payung Toni Sembiring dan Plt. Camat Namanteran.(karodaily/sumutberita.com)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.