Thursday, 25 April 2019
redaksi@karodaily.com
DistrictSinabung SR

Terkelin Janji Segera Turunkan Alat Berat Tanggulangi Kerusakan Irigasi di Tiga Nderket

KaroDaily,TIGA NDERKET –  Sejumlah desa di Kecamatan Tiga Nderket harapkan pemerintah bantu perbaikan sarana irigasi yang rusak dihantam lahar dingin Sinabung.Harapan tadi muncul saat kunjungan lapangan Bupati Karo Terkelin Berahmana dan rombongan ke titik sarana irigasi yang jebol di sungai Lau Borus, Rabu (18/10/2017).

Menanggapi itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Anggota DPRD Karo Jhon Karya Sukatendel,Kadis PUPR Ir. Paten Purba, Kepala BPMD Abel Tarigan, Kasatpol PP Hendrik Tarigan, Danramil Payung Arh E.Peranginangin, Plt Camat Tiganderket Sukur Brahmana dan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Djoko Sujarwanto berjanji akan segera melakukan upaya perbaikan.

“Mudah-mudahan minggu depan alat berat sudah masuk dari Dinas PUPR untuk mengeruk atau menormalisasi untuk sementara waktu agar dapat mengaliri air ke lahan pertanian warga,” ujarnya sebagaimana dilansir patrolinews.com.

Sebab, tahun 2018 ini akan dibangun 3 titik Sabodam ke arah bawah dan 3 titik ke arah atas sungai Lau Borus dengan kombinasi Irigasi yang telah di usulkan ke Kementerian PU PR oleh Yuda Siagian staff dari Kementerian. Pembangunan Sabodam bertujuan untuk menahan lahar dingin dan berfungsi juga sebagai saluran irigasi.

 saluran irigasi untuk mengaliri air ke tanaman pertanian warga desa yang berada di Kecamatan Tiganderket hancur dan rusak. Akibatnya tanaman pertanian warga desa Jandi Meriah, Perbaji, Tanjung Morawa, Temburun, Tiganderket, Mardingding dan desa Sukatendel sering mengalami kekeringan sejak tahun 2013.

Sementara, Kepala Desa Tanjung Morawa Jansen Ginting yang mewakili 7 desa mengatakan bahwa sejak tahun 2013 saluran irigasi itu tidak berfungsi lagi akibat tersapu lahar dingin Sinabung.

“Kutang lebih empat tahun lamanya lahan pertanian warga yang berada7 (tujuh) desa tidak bisa di tanami padi di sawah. Akibat Irigasi tidak berfungsi, rata-rata semua warga membeli beras bulog. Meskipun begitu, kami tidak menyalahkan siapa-siapa, hanya berharap Bupati segera memperbaiki saluran irigasi yang menjadi ujung tombak mengaliri air ke lahan pertanian warga,” ujarnya. (karodaily/patrolinews.com)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.