KARODAILY.com

Wakil Bupati Karo Resmikan Jambur Muro Risona Desa Kubu Colia Kecamatan Dolat Rayat

    Kategori: Kuta Kita
  • Senin, 2 April 2018 | 13:20
  • / 16 Rajab 1439
  • Dibaca : 250 kali
Wakil Bupati Karo Resmikan Jambur Muro Risona Desa Kubu Colia Kecamatan Dolat Rayat
Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang dan jajaran serta Keluarga Besar Bukit Kubu Hotel menari bersama saat peresmian Jambur Muro Risona Kubu Colia.(karodaily/ist).

KaroDaily KUBU COLIA – Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Sabtu (31/03/2018) resmikan penggunaan Jambur Muro Risona Desa Kubu Colia Kecamatan Dolat Rayat. Jambur baru ini berdiri menggantikan jambur lama yang kondisinya tidak lagi memungkinkan untuk digunakan secara maksimal.

Menurut Cory S Sebayang, keberadaan Jambur Muro Risona yang kini tegak berdiri diharapkan dapat memacu semangat masyarakat Desa Kubu Colia untuk lebih maju lagi kedepannya.

“Dahulu saja sebelum jambur sebagus ini berdiri, Kubu Colia sudah banyak menghasilkan tokoh tokoh seperti Alm Nelang Sembiring, Kitab Sembiring dan lain lain, maka dengan adanya jambur baru ini saya tantang kepada seluruh masyarakat untuk bisa menghasilkan generasi emas kembali,”ujar Cory berapi – api.

Selain itu, Cory yang mengaku banyak menghabiskan waktu di Desa Kubu Colia sewaktu masih bersekolah di SD Negeri Tiga Jumpa berharap agar jambur yang baru saja ia resmikan dapat digunakan setiap hari, tidak hanya untuk keperluan pesta peradatan tetapi aktifitas lain yang bisa menunjang kegiatan  sosial dan ekonomi masyarakat.

“Jambur baru ini mesti menjadi cikal bakal kedepan lahirnya anak anak muda yang kreatif baik di bidang keilmuan,seni dan ekonomi, begitu juga dengan kaum perempuan, Kepala Desa harus memfasilitasi kegiatan industri kecil misalnya pelatihan menjahit maupun aneka industri makanan ringan,”harapnya.

Dalam kesempatan kemarin, Wakil Bupati Karo yang hadir didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Almina Br Bangun, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dr Hartawaty Br Tarigan dan Kabag Humas dan Protokol Drs Joko Sudjarwanto tak lupa menyampaikan apresiasi kepada masyarakat, khususnya pini sepuh Desa Kubu Colia seperti Keluarga Besar Bukit Kubu Hotel dan Prof Rehngenana Br Purba,SH.

Sementara itu diketahui Jambur Muro Risona Desa Kubu Colia Kecamatan Dolat Rayat sebagaimana tertuang dalam laporan panitia pelaksana pembangunan berdiri diatas lahan seluas 1.200 meter persegi. Pada prosesnya, tanah untuk lokasi jambur merupakan hasil swadaya masyarakat baik yang tinggal di Desa Kubu Colia maupun masyarakat perantau.

Sedangkan pembangunan jambur dengan konstruksi baja ringan itu dilaksanakan dengan menggunakan Dana Desa (DD) TA 2016 dan 2017. Atas kedua item tadi keseluruhan dana pembangunan jambur berada di angka 1,5 milyar rupiah lebih.

Pada peresmian itu, Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang didaulat menggunting pita dan menandatangani prasasti jambur. Kedatangan Cory S Sebayang di Desa Kubu Colia sendiri disambut Camat Dolat Rayat Leonardus Girsang, Kapolsek Tiga Panah, Kepala Desa Kubu Colia Budiman Ginting, Ketua Panitia Peresmian Rahman Ginting, Keluarga Besar Indra Sembiring Bukit Kubu Hotel Berastagi dan tokoh masyarakat desa.

Sebelumnya, masyarakat yang berasal dari tiga Terpuk, yakni Colia, Milala dan Munte dengan menggunakan pakaian khas Karo berjalan dari jambur lama menuju jambur baru. Guna meminta keberkatan, beberapa saat sebelum makan bersama dilaksanakan kebaktian dipimpin pendeta asal GBKP dan menari bersama.(karodaily/rel).

Tinggalkan Komentar

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Leave a Reply

>

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d bloggers like this: