Saturday, 19 January 2019
redaksi@karodaily.com
Karo RayaKaro TodayPeristiwa

Warga Desa Nageri Juhar Temukan Mortir, Granat dan Peluru Pistol Zaman Belanda

KARODAILY, JUHAR – Sejumlah amunisi perang peninggalan masa pendudukan Belanda ditemukan warga di perladangan miliknya, Desa Nageri, Kecamatan Juhar, Kamis (22/12/2012) sekira pukul 09.30 WIB.

Keterangan yang diperoleh dari Danramil 07/Juhar, Kapten Inf Supendi, warga yang pertama kali menemukan adalah  Sinar Ginting, saat sedang membersihkan areal pertaniannya dengan menggunakan cangkul. Ia ( Sinar) mengaku terkejut saat cangkul yang ia gunakan membentur sebuah benda yang ia kira bebatuan.

“Dia (Sinar Ginting) pikir benda itu cuma batu. Dia kembali melanjutkan mencangkul tanah itu. Tapi tiba-tiba dia melihat benda aneh berbentuk bom. Selanjutnya dia mengorek dan dia menemukan bahan peledak lainnya,” jelas Supendi.

Atas penemuan itu, kata dia, membuat Sinar Ginting kaget bukan kepalang. Sontak saja, ia langsung keringat dingin dan selanjutnya berlari ke Mapolsek Juhar untuk melaporkan temuan itu. Polisi yang tiba di lokasi selanjutnya menghubungi pihak Koramil 07/Juhar.

“Setelah memastikan temuan itu, pihak Polsek Juhar berkoordinasi dengan kita. Di lokasi, kita meneliti bahan peledak itu dan selanjutnya kita amankan dan dibawa ke Makoramil Juhar,” sebutnya

Dari penelitian, amunisi perang yang ditemukan masing – masing 1 buah granat, 1 buah mortir, 4 butir peluru pistol dan 75 butir peluru senjata jenis LE.

Dikatakan, seluruh bahan peledak yang ditemukan tersebut masih aktif.

“Bahan peledak itu sisa peninggalan zaman penjajahan Belanda. Seluruh bahan peledak itu akan kita bawa ke markas Kodim 0205/TK hari ini juga untuk proses lebih lanjut,” tutupnya. (karodaily/Praday)

Penulis     : Praday

Editor    : Nanang

No comment

  • dlu sring trjadi peperangan mlawan Belanda di kampung saya,,
    kata Laki saya,, peperangan sllu di menangkan kita indonesia,, walaupun satu tembakan pjuang dibalas dengan puluhan tembakan belanda,,tapi kita hars brkorban nyawa dgn bayaran 10 pjuang dgn dgn seorng nyawa Belanda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.